Cara Transfer dari Jenius ke OVO Dengan Mudah Dan Praktis

Malik Delvatinson September 20, 2023

Digievent.IDCara transfer dari Jenius ke OVO tidak sesulit yang dibayangkan. Aplikasi OVO dan Jenius hadir menjadi aplikasi digital perbankan yang bertujuan untuk memudahkan transaksi melalui smartphone.

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa cara transfer ke OVO yang dapat dilakukan selain Jenius. Misalnya Anda dapat melakukan transfer dari Bank Mandiri, BCA, BRI, Mandiri dan bank lainnya.

Adapun cara transfer dari Jenius ke OVO dengan melalui beberapa langkah yang mudah untuk diikuti khususnya pengguna baru. Hal yang paling penting yaitu pastikan Anda sudah melakukan install aplikasi keduanya terlebih dahulu di smartphone Anda.

Apa itu OVO

Ovo adalah sebuah aplikasi dompet digital yang menawarkan berbagai layanan pembayaran dan serta transaksi secara online atau OVO Cash. Anda tidak perlu lagi repot membawa uang tunai setiap kali pergi ke luar dan bertransaksi

Bagi pengguna dompet digital yang satu ini, maka Anda akan berkesempatan mengumpulkan poin. Yaitu jika melakukan transaksi pembayaran dan memakai saldo OVO.

Biasanya OVO Cash ini digunakan pada berbagai jenis pembayaran ke semua merchant yang menjalin kerja sama dengan OVO. Ada juga OVO Points yang adalah rewards untuk semua yang melakukan transaksi melalui OVO Cash pada setiap merchant partner OVO.

Apa Itu Jenius

Jenius merupakan aplikasi perbankan digital milik Bank BTPN. Jenius ini dibentuk pada tanggal 11 Agustus 2016 serta menjadi pelopor pertama bank digital yang ada di Indonesia.

Adapun cara melakukan pendaftaran serta membuka rekeningnya bisa Anda lakukan secara online melalui aplikasi di smartphone. Aplikasi Jenius ini bisa diunduh di berbagai jenis ponsel pintar, baik Android maupun iPhone. Inilah bedanya dengan bank konvensional yang ada.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Daftar Rekening Bank Jenius? Mudah Lho!

Fitur-fitur OVO

Beberapa fitur OVO yang ditawarkan seperti Home, Finance, Deals, History dan Wallet. Lantas, apa-apa saja kegunaannya?

Home: Di menu ini Anda dapat melihat jumlah OVO Cash dan OVO Points yang sudah tersimpan, kemudian terdapat submenu di antaranya:

Transfer: Fitur ini memberikan layanan transfer untuk sesama pengguna OVO maupun ke rekening bank tertentu.

Scan: Fitur ini memberikan layanan pindai QR code atau biasa disebut barcode ketika akan melakukan transaksi pembayaran.

OVO ID: Di dalam fitur ini terdapat kode identitas para pengguna dama bentuk barcode atau QR Code.

Deals: Terdapat berbagai tawaran atau promo yang menarik terbaru oleh aplikasi yang bekerja sama dengan partnernya. Adapun promo tersebut ada dalam beberapa kategori seperti Kolom Kebahagiaan, Yang Favorit Dan Irit, Cashback Lagi dan Lagi, serta Nikmat Dunia Lainnya.

Finance:  Fitur ini memudahkan Anda yang hendak berinvestasi untuk mendapat keuntungan sebanyak 7 persen per tahun serta minimum transaksi Rp 10 ribu. Tersedia juga layanan Bujet yang akan membantu mengelola data pengeluaran Anda.

Wallet: Berisikan kartu anggota yang Anda punya dengan warna ungu dan bertuliskan nama dan nomor keanggotaan Anda sebagai penggunanya.

History: Memunculkan seluruh data transaksi pembayaran dan top up yang telah  Anda buat hingga sekarang, baik melalui OVO Cash ataupun OVO Points.

Fitur-fitur Jenius

1. Jenius Debit Card

Diketahui bahwa Jenius Debit Card bisa menyesuaikan kebutuhan nasabah pada bagian dana darurat, dana liburan serta dana investasi. Oleh karena itu, para pelanggan Jenius akan terbantu dalam mengatur dan memantau kondisi keuangannya.

Selain itu, nasabah dapat mempunyai lebih dari lima kartu debit secara bersamaan untuk diberikan pada keluarga atau siapapun yang Anda ingin berikan. Dalam hal ini, Anda sendirilah yang mengatur uang dan limitnya. Serta terdapat pin yang bisa Anda gunakan dengan aman.

Baca Juga :   Cara Download Video Tiktok yang Mudah Tanpa Watermark

2. Save It

Fitur ini memungkinkan nasabah yang mau mempunyai tabungan tambahan lagi. Terdapat tiga jenis tabungan yang ada yaitu flexi saver, dream saver dan juga maxi saver.

Flexi Saver merupakan sejenis tabungan fleksibel dalam mengalokasikan dana. Dream Saver adalah jenis tabungan autodebet bertujuan untuk mewujudkan mimpi. Sedangkan, Maxi Saver yaitu deposito berjangka, di mana sentra, tenor dan metode perpanjangan bebas,

3. Moneytory atau Money Story

Moneytory merupakan buku harian berisi data keuangan pribadi untuk membantu dalam mengatur cash flow yang bijak. Hal ini sangat membantu kondisi keuangan para pengguna yang lebih sehat.

Moneytory juga mempunyai beberapa fitur kategori otomatis seperti Otomatis, Tren Keuangan, Ringkasan Keuangan. Ketiga fitur ini akan melakukan pencatatan terhadap semua pemasukan dan pengeluaran miliki pengguna dengan sangat detail dan baik.

4. Investasi Reksa Dana

Fitur ini menyediakan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan investasi yang lebih sederhana. Para nasabah juga bisa memilih beberapa jenis produk untuk investasi seperti pasar uang, obligasi jangka pendek, obligasi jangka panjang dan juga hingga saham.

Cara Transfer dari Jenius ke OVO

  • Langkah pertama yaitu dengan membuka dahulu aplikasi jenius Anda. Setelah itu pada menu daftar di e-wallet center pilih OVO.
  • Selanjutnya Jenius akan segera memunculkan informasi lengkap tentang e-wallet OVO. Setelah itu klik tombol Top Up.
  • Anda bisa memasukan besaran nominal Top Up yang Anda butuhkan. Perlu diingat bahwa jumlag minimum top up atau transfer senilai Rp10 ribu dan maksimal  senilai 3 juta.
  • Apabila sudah, maka Anda dapat klik tombol Lanjut.
  • Jenius akan memunculkan ringkasan data transfer Anda. Sehingga bisa memeriksa kembali apakah jumlah top up yang telah dibuat sudah sesuai, lalu kemudian tinggal klik Top Up.
  • Berikutnya masukan kata sandi Jenius Anda lalu OK.
  • Apabila sudah berhasil, maka Jenius akan segera melakukan transfer sesuai dengan nominal yang diinput ke OVO Anda. Setelahnya akan muncul pemberitahuan terkait uang yang sudah berhasil dikirim.
Baca Juga :   Cara Transfer dari Jenius ke Bank Jago Mudah Terbaru 2023

Biaya Transfer/Bulanan OVO

Sebelum melakukan cara transfer dari Jenius ke OVO, Anda perlu mengerti berapa biaya transaksi yang akan diambil dari pengguna.

Diketahui bahwa  harga biaya admin atau layanan yaitu  Rp 2.500 hingga Rp 3.000 per transaksi. Biaya ini sudah termasuk kecil apabila dibandingkan dengan bank konvensional yang lain.

Untuk minimum transaksi top up dapat melalui aplikasi Jenius yaitu sama besar senilai p 10.000. Adapun biaya ini bukan hanya diberlakukan pada pelanggan OVO saja. Produk sejenis lainnya seperti GoPay dan LinkAja juga mempunyai nominal yang sama

Hal tersebut sudah sesuai dengan ketentuan bank ada di Indonesia. Terkecuali jika Anda yang merupakan pengguna OVO bisa mengisinya lewat Alfamart senilai Rp.20.000.

Syarat Transfer

Sebelum melakukan proses transaksi pembayaran atau pembelian melalui OVO, pastikan saldo Anda cukup atau terisi lebih dahulu. Jika belum, maka Anda harus melakukan top up terlebih dahulu melalui berbagai pilihan cara yang Anda rasa cukup mudah dilakukan.

Biaya Transfer OVO lewat Jenius

Bagi yang bertanya, apakah transfer OVO via Jenius ada biaya admin? Jawabannya adalah selagi Anda mempunyai kuota tanpa biaya admin transfer ke bank lain, maka transfer Anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Namun, jika tidak ada kuota maka dikenakan biaya sebesar Rp.5000.

Kesimpulan

OVO adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi digital perbankan yang ada di tengah masyarakat. Kini Anda bisa mencoba melakukan transaksi pengiriman uang setelah memahami cara transfer dari Jenius ke OVO pada ulasan di atas.

Malik Delvatinson

Saya adalah seorang individu yang gemar mengekspresikan diri melalui tulisan dan memiliki minat yang besar terhadap perkembangan teknologi.