Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Benar Dan Singkat

Malik Delvatinson July 15, 2024

Digievent.id – Ketika ingin melamar pekerjaan, tentunya kalian akan membutuhkan Surat Lamaran Kerja. Dimana didalam surat lamaran kerja tersebut, berisikan beberapa berkas yang harus dilengkapi terlebih dahulu. Seperti adanya CV atau riwayat hidup dan surat lamarannya. Akan tetapi kebanyakan dari mereka melupakan kedua berkas tersebut ketika ingin melamar kerja.

Dengan adanya surat lamaran kerja ini, akan membantu kalian mempermudah perusahaan atau tempat kerja yang ingin kalian lamar. Dimana nantinya perusahaan tersebut dapat memeriksa data diri hingga kelengkapan berkas lainnya yang ada didalam surat lamarannya. Lalu, apakah kalian sudah tahu cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar? Dibawah ini kita akan ulas secara detail.

Tujuan Surat Lamaran Kerja Harus Ditulis Tangan

Tujuan Surat Lamaran Kerja Harus Ditulis Tangan

Sekarang, memang zaman sudah semakin maju dan teknologi pun semakin berkembang. Dimana sekarang sudah ada format ATS friendly untuk daftar riwayat hidup yang dapat di cek langsung melalui mesin. Akan tetapi hingga saat ini masih banyak perusahaan yang mewajibkan surat lamarannya harus ditulis dengan tangan. Yang jelas HRD mempunyai alasan yang logis, kenapa masih memberlakukan hal ini.

Mungkin kalian ingin tahu tujuan perusahaan yang mengharuskan para pelamar menulis tangan ketika ingin membuat sebuah lamaran kerja. Berikut ini tujuannya :

1. Memahami Kepribasian Pelamar

Sebagian staf HRD adalah lulusan dari Jurusan Psikologi, yang mampu memahami atau mempelajari kepribadian manua melalui sebuah tulisan tangan. Ilmu inilah yang bisa dijadikan alasan, kenapa perusahaan tertentu mengharuskan pelamar membuat lamaran kerjanya secara tertulis atau tulis tangan.

Baca Juga :   10 Situs Nonton Film Gratis Sub Indonesia Terlengkap

Dimana pihak HRDnya ingin mengetahui kepribadian dari seorang pelamar yang ingin bekerja di perusahaan tersebut. Karena, tulisan hingga bentuk dari lamaran yang sudah dibuat akan terlihat bagaimana sifat dan karakteristik dari pelamar.

2. Melihat Keseriusan Pelamar

Tujuan selanjutnya adalah melihat seberapa besar seriusnya pelamar ingin bekerja di perusahaan tersebut. Dimana jika ada pelamar yang tidak serius akan langsung menyerah saat melihat syarat yang tidak biasa seperti perusahaan tertentu. Dan sebaliknya jika pelamar serius, pastinya mereka akan tetap berusaha dan mengikuti semua syarat yang diharuskan oleh perusahaannya.

3. Mengetahui Ketelitian Pelamar

Membuat sebuah lamaran kerja secara manual atau tulis tangan memang akan ribet dan kalian akan membutuhkan ketelitian yang lebih. Bagi pelamar yang tidak teliti akan langsung ketahuan melalui surat yang sudah dibuatnya dan memiliki banak sekali kesalahan dan tidak rapi.

Beberapa Berkas Harus Dilampirkan di Surat Lamaran Kerja

Beberapa Berkas Harus Dilampirkan di Surat Lamaran Kerja

Sebelum kalian mulai menulis surat lamaran kerja, sebaiknya kalian siapkan terlebih dahulu berkas apa saja yang dibutuhkan untuk dilampirkan pada lamarannya. Dimana berkas-berkas tersebut dapat dikatakan sebagai sebuah bukti pendukung yang akan kalian tulis di dalam lamaran kerja.

Sebagai contoh, ketika kalian ingin melamar kerja sebagai seorang jurnalis. Maka kalian harus siapkan berkas seperti ijazah terakhir dan juga berkas pendukung lainnya berupa portofolio tulisan dan sertifikat pelatihan menulis. Biasanya, berkas yang akan kalian butuhkan untuk dilampirkan bersama dengan surat lamaran kerja diantaranya sebagai beriut :

Daftar riwayat hidup atau CV.

Foto Copy Ijazah S1

Salinan transkrip nilai.

Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan

Pas Foto terbaru (ukuran tergantung perusahaan).

Format Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Format Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Pastinya kalian tahu betul bahwa penulisan dari surat lamaran kerja mempunyai format penulisan yang baku. Dikarenakan agar dapat lebih mudah membacanya dan tidak merasa kesulitan dalam membaca surat tersebut. Untuk formatnya sendiri sesuai dengan urutan yang sudah kita ulas dibawah ini sebagai berikut :

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Untuk format yang pertama yaitu tempat dan tanggal pembuatan surat. Dimana kalian harus sesuaikan dengan batas lowongan kerja dibuka. Jangn sampai kalian menulis suratnya di tanggal 5 Januari padahal lowongan kerja telah di tutup sejak tanggal 3 Januari. Tuliskan format yang pertama ini di bagian pojok kanan atau kiri atas surat.

Baca Juga :   10 Situs Nonton Film Gratis Sub Indonesia Terlengkap

2. Lampiran dan Perihal

Selanjutnya, kalian juga harus perhatikan lampiran dan perihal ketika ingin membuat surat lamaran pekerjaan. Perihal harus kalian isi dengan suratnya dan dapat disebutkan posisi dan nama perusahaannya. Sebagai contoh “Perihal : SUrat Lamaran Kerja Copywriter”.

Sedangkat untuk lampirannya sendiri, dapat kalian isi dengan berapa jumlah berkas yang dapat kalian lampirkan saat melamar kerja. Jumlah lampiran tergantung dengan syarat yang diberikan oleh perusahaan yang dilamar. Seperti mengharuskan untuk melampirkan transkrip nilai, salinan ijazah, SIM, KTP, sertifkat TOEFL. Nah, jika demikian, maka dibagian lampiran kalian isi 5 (lima) berkas.

3. Alamat yang Dituju

Alamat yang Dituju sangat wajib kalian tulis didalam surat lamaran pekerjaan. Kalian harus mengisinya siapa dan dimana lokasi perusahaan yang akan dilamar. Dimana format yang ketiga ini harus kalian cantumkan pada bagian alamat yang dituju. Kalian harus tulis secara efektif dan tidak perlu menuliskan “Kepada” sebelum kata “Yth”. Sebagai contoh, bisa dilihat dibawah ini.

Yth. HRD PT Abc Def GHI

Jln. Raya Pantura Pantura Cimendung, Cibegar

Konoha

4. Salam Pembuka

Saat kalian ingin menuliskan salam pembuka, harus dibuat secara nertal tidak boleh merujuk pada sesuatu entitas agama tertentu. Dimana kalian dapat menggunakan frasa “Dengan hormat”. Kalian harus tahu, penulisan tersebut harus kalian akhiri dengan tanda koma (,).

5. Paragraf Pembuka

Format berikutnya yaitu paragraf pembuka. Dimana dibagian format ini paragraf pembuka akan berisikan mengenai penjelasan dari mana kalian mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tersebut.

6. Data Diri Singkat

Dibagian format keenam ini kalian harus mengisidata diri secara singkat. Dimana data diri akan kalian isi nama lengkap, tempat dan tanggal lahirnya, pendidikan terakhir dan alamat rumah atau domisili, juga kontak atau nomor hp yang bisa dihubungi.

7. Paragfar Isi

Untuk bi bagian format paragraf isi ini kalian dapat menjelaskan secara singkat mengenai pengalaman kerja atau pengalaman berorganisasi. Tidak perlu panjang-panjang, sebaiknya kalian buat secara singkat dengan jumlah maksimal 2 kalimat atau dua baris saja.

Baca Juga :   10 Situs Nonton Film Gratis Sub Indonesia Terlengkap

8. Detail Lampiran

Dibagian format detail lampiran ini, kalian harus tuliskan secara detail berkas apa saja yang harus dilampirkan dalam satu dokumen lamaran kerja. Untuk penulisannya bisa gunakan numbering secara drop down.

9. Paragraf Penutup

Cukup dengan muliskan kata usapan terimakasih atas perhatian HRD yang telah menyempatakan waktunya membaca surat lamaran kerja tulis tangan kalian. Tidak harus kalian tulis memohon secara berlebihan untuk diterima, karena hal tersebut akan terkesan tidak efektif.

10. Salah Penutup

Salam penutup, cukup dengan tulisan yang netral dan tidak condong kepada entitas agama tertentu. Kalian bisa gunakan frasa “Hormat Saya,”. Umumnya, penulisan salam penutup akan ditulis di atas tanda tangan dan nama jelas yang ada di pojok kanan atau kiri bawah.

11. Nama Jelas dan Tanda Tangan

Kalian bisa langsung tuliskan nama jelas dan tanda tangan pada bagian akhir surat lamarannya. Dimana bagian tersebut memiliki fungsi untuk dapat membuktikan bahwa surat lamaran kerja memang benar kalian yang sudah menuliskannya dan mengirimkannya.

Download Contoh Surat Lamaran Kerja

Download Contoh Surat Lamaran Kerja

Jika memang kalian masih merasa bingung dan belum paham dengan yang sudah dijelaskan diatas. Kalian bisa melihat langsung contoh surat lamaran kerja berbagai versi yang bisa kalian download secara gratis. Dengan melihat beberapa contoh surat lamarannya, kalian dengan mudah dapat membuat surat lamarannya sendiri ketika ingin melamar sebuah pekerjaan. Berikut ini linknnya :

  • Contoh slamaran untuk yang berpengalaman
  • Contoh surat lamaran untuk fresh graduate
  • Contoh surat lamaran BUMN
  • Contoh surat lamaran CPNS
  • Contoh surat lamaran magang

Penutup

Bagi kalian yang belum pernah menulis sebuah Surat Lamaran Kerja, kalian bisa melihat beberapa contoh yang sudah kita tautkan diatas. Bisa langsung kalian unduh untuk melihatnya. Smeoga ulasan pada artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari tata cara pembuatan surat lamaran pekerjaan. Terimakasih juga telah mengulasnya hingga akhir.

Malik Delvatinson

Saya adalah seorang individu yang gemar mengekspresikan diri melalui tulisan dan memiliki minat yang besar terhadap perkembangan teknologi.